Sejarah dan Perkembangan di Tanah Air

Jika melirik kembali awal perkembangan permainan ini di tanah air, rentang waktunya mungkin tidak terlalu lama. Boleh dibilang jika jenis permainan ini cukup baru dan baru bisa diakses sebagian kecil orang. Pertimbangannya karena kebutuhan lokasi dan sarana peralatan. Tetapi kendala-kendala semacam itu sudah bisa diatasi karena sudah banyak layanan penyewaan tempat dan peralatan lengkap.

Sejarah permainan ini kabarnya berasal dari Jepang di era tahun 70-an. Akibat dari ketatnya peraturan yang melarang dengan tegas kepemilikan senjata api, maka mulailah dikembangkan konsep permainan simulasi kepolisian dan dunia militer. Berbagai desain senjatanya pun nyaris mirip dengan aslinya apalagi jika sudah dimainkan di area yang mengasyikkan. Dua dekade berikutnya, permainan ini pun dikenalkan dan berkembang pesat di Eropa dan Amerika Serikat. Sampai akhirnya juga tiba di Indonesia dan mulai digemari oleh banyak pihak.

Banyak orang awam yang mengira kalau jenis permainan Airsoft Gun cuma mengandalkan naluri menghabisi lawan dan tindak kekerasan. Padahal anggapan-anggapan semacam itu tidak ada dasarnya dan bahkan tak bisa dibuktikan. Sebab dalam permainan yang dijalankan secara berkelompok ini juga ada rangkaian kode etik tertentu yang harus ditaati oleh setiap pemain. Selain itu, setiap pemain juga diwajibkan memahami tata cara pemakaian dan pengamanan jenis senjata yang dipegang meskipun semuanya adalah simulasi. Oleh karena itu, tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal negatif yang dianggap bisa menyebabkan cedera kecuali jika pemainnya tidak menggunakan atau mematuhi aturan standar.

*Sumber : http://airsoftgun.co.id/sejarah-singkat-permainan-airsoft-gun-di-indonesia